Scroll ke Bawah Membaca Artikel
325×300
DaerahEkonomiInternasionalNasionalNewsRagam

Torch Produsen Tas Outdoor Asal Bandung Hadapi Tantangan Tarif Trump, Fokus Ekspansi ke Asia Tenggara

740
×

Torch Produsen Tas Outdoor Asal Bandung Hadapi Tantangan Tarif Trump, Fokus Ekspansi ke Asia Tenggara

Sebarkan artikel ini
Kebijakan tarif sebesar 32 persen yang diterapkan oleh Donald Trump mulai memberikan dampak signifikan terhadap pengusaha Indonesia, termasuk Torch, produsen tas perlengkapan outdoor asal Bandung. Foto: Ist

KORANPUBLIKA.CO.ID|Bandung,– Kebijakan tarif sebesar 32 persen yang diterapkan oleh Donald Trump mulai memberikan dampak signifikan terhadap pengusaha Indonesia, termasuk Torch, produsen tas perlengkapan outdoor asal Bandung. Co-founder dan CEO Torch, Ben Wirawan, mengungkapkan bahwa rencana ekspansi perusahaan ke Amerika Serikat kini terhambat akibat kebijakan tersebut, Sabtu(26/4/2025).

Torch sebelumnya telah berhasil menjual produk melalui Amazon ke pasar Amerika Serikat, mendapatkan respon positif dan mampu bersaing dengan merek-merek dari Tiongkok. Namun, kebijakan tarif yang membingungkan membuat ekspansi lebih lanjut menjadi sulit. “Rencananya mau kita kembangkan kemarin itu, kita kerja sama dengan satu perusahaan lagi di sana dan mereka semangat sekali untuk ngembangin Torch. Cuman masalahnya ternyata ada Tarif Donald Trump,” ujar Ben.

Scroll ke Bawah Terus Membaca Artikel
contoh 325×600
Advertorial

Di tengah tantangan ini, Torch beralih fokus ke pasar Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand, dan Filipina, untuk memaksimalkan peluang di wilayah tersebut. Selain itu, Torch juga tengah menguji coba kerja sama dengan beberapa BUMN untuk memperluas jaringan toko di Indonesia tanpa investasi modal yang besar.

Ben berharap pemerintah Indonesia dapat mengambil langkah strategis untuk mendukung pengusaha lokal agar tetap kompetitif di pasar internasional. “Negara harus memikirkan ini dengan baik, karena pengusaha seperti kita sudah terbukti bisa kalau didorong masuk ke sana,” tambahnya.

Torch tetap optimis menghadapi tantangan ini dengan strategi adaptif dan fokus pada pasar yang lebih potensial di Asia Tenggara.

example 325×300