KORANPUBLIKA.CO.ID|Bandung,- PT Astra Daihatsu Motor terus memperkuat posisinya di pasar otomotif Jawa Barat, dengan fokus khusus pada perluasan penetrasi di wilayah Bandung. Berdasarkan data penjualan hingga Juli 2025, Jawa Barat mencatat kontribusi sebesar 14,6% terhadap total pasar otomotif nasional, dengan 60.816 unit terjual. Dari jumlah tersebut, Bandung menyumbang 15.521 unit atau 25,5% dari total penjualan di provinsi ini, Selasa(30/9/2025).
Daihatsu menunjukkan performa positif di wilayah ini, dengan penjualan mencapai 8.126 unit di Jawa Barat dan market share sebesar 13,4%. Tiga model andalan Sigra, Gran Max PU, dan Ayla menjadi tulang punggung penjualan, masing-masing menyumbang 39%, 17%, dan 12%.
Di Bandung, Daihatsu mencatat penjualan sebanyak 1.990 unit, dengan Sigra tetap menjadi primadona (688 unit, 35%), diikuti Gran Max Pick Up (388 unit, 19%) dan Gran Max Mini Bus (270 unit, 14%).
Tri Mulyono, Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation, menyampaikan apresiasinya terhadap kepercayaan masyarakat Jawa Barat.
“Daihatsu berkomitmen dalam mendekatkan diri dengan masyarakat, khususnya di Jawa Barat yang menjadi salah satu pasar penting otomotif nasional. Mengambil momentum ajang GIIAS Bandung, kami ingin menghadirkan kesempatan bagi masyarakat untuk mewujudkan mimpinya memiliki mobil baru Daihatsu dengan beragam kemudahan sesuai kebutuhan, hingga program penjualan menarik yang hanya bisa didapat secara khusus pada ajang ini,” ujarnya.
Arief Budianto, Regional Head Area Jawa Barat Daihatsu, menambahkan bahwa Bandung memiliki potensi strategis yang terus berkembang.
“Bandung bukan hanya pusat ekonomi dan budaya, tetapi juga menjadi barometer tren otomotif di Jawa Barat. Kami melihat antusiasme masyarakat terhadap Daihatsu terus meningkat, dan ini menjadi motivasi bagi kami untuk menghadirkan layanan yang lebih dekat dan relevan,” kata Arief.
Sementara itu, Budi Mahendra turut menyoroti pentingnya pendekatan lokal dalam strategi ekspansi Daihatsu.
“Kami percaya bahwa pendekatan yang hangat dan sesuai dengan karakteristik lokal akan memperkuat hubungan Daihatsu dengan konsumennya. Program Sahabatku menjadi salah satu wujud nyata dari komitmen kami dalam membangun kedekatan emosional dan fungsional dengan pelanggan,” ujar Budi.